Pemilihan Ketua OSIS (PEMILOS) Tahun Pelajaran 2020/2021

Foto: Pemilihan Ketua OSIS (PEMILOS) Tahun Pelajaran 2020/2021

SMA BOPKRI BANGUNTAPAN menggelar pesta demokrasi berupa PEMILOS(Pemilihan Ketua OSIS) periode 2020/2021,  yang diikuti oleh seluruh siswa dan siswi di lapangan SMA BOPKRI BANGUNTAPAN  pada hari Kamis 5 November 2020. PEMILOS ini sebagai salah satu cara untuk belajar atau melatih hidup berdemokrasi dan mengenalkan tata cara memilih pemimpin. Kegiatan ini dilakukan untuk melatih sikap menghormati orang lain dan tenggang rasa terhadap perbedaan sesama teman, melatih, mendidik dan memberikan pemahaman dasar kepada siswa dan siswi  tentang organisasi. Dalam pemilihan itu, ada 2  kandidat calon Ketua OSIS yang dipilih yaitu Febri Sasha Rastana dari kelas XI IPA dan Tabita Elisabet Lupano dari kelas XI IPS.

Pada tahun 2020 ini SMA BOPKRI BANGUNTAPAN melakukan PEMILOS dengan cara yang agak berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu pemungutan suara dilakukan dengan drive thru. Peralatan yang dibutuhkan pun juga sudah disiapkan mulai dari meja, kursi, bilik suara, kotak suara, tinta, paku, rafia dan masih banyak lagi. Cara pelaksanaan PEMILOS menggunakan drive thru sebagai berikut :

  1. Siswa/Siswi masuk ke sekolah melewati gerbang sebelah barat
  2. Setelah itu langsung masuk ke arah tiang bendera (tidak perlu turun dari motor)
  3. Peserta mengisi daftar hadir dan mengambil lembar suara di KPPS
  4. Peserta mencoblos pilihan kandidat ketua osis di bilik suara yang sudah dipersiapkan
  5. Peserta memasukkan lembar suara yang sudah di coblos ke kotak suara dan diberi tanda tinta di jarinya
  6. Setelah selesai siswa/siswi diharapkan langsung pulang

Setelah proses pencoblosan selesai dilakukan penghitungan suara yang disaksikan oleh Pembina OSIS dan saksi dari tiap kandidat calon ketua OSIS. Panitia pelaksanaan pemilihan ketua OSIS memastikan proses demokrasi di sekolah dilakukan secara Luber Jurdil ( langsung, bersih, jujur, dan adil ). Pengumuman hasil perolehan penghitungan suara pemilihan ketua OSIS disampaikan oleh pembina OSIS. Tabita Elisabet Lupano dari kelas XI IPS terpilih sebagai Ketua OSIS yang baru dengan memperoleh suara 23  dan Febri Sasha Rastana dari kelas XI IPA memperoleh 18 suara. Tidak sah 1 suara dan yang Golput atau tidak memilih sebanyak 1 suara.

Kegiatan pemilihan ketua OSIS ini sebelumnya diawali dengan pembekalan dasar kepemimpinan tujuan nya untuk mengasah kepercayadirian para calon pemimpin,serta mengasah jiwa leadership. Dan tahap terakhir melakukan seleksi, tujuan nya agar nantinya menghasilkan pemimpin yang betul-betul siap dalam segala hal. Kepala Sekolah SMA BOPKRI BANGUNTAPAN dan Pembina OSIS memberikan apresiasi kepada pengurus OSIS periode 2019/2020 selaku panitia yang telah sukses menggelar pesta demokrasi berupa PEMILOS(Pemilihan Ketua OSIS) periode 2020/2021. Kegiatan pemilihan Ketua OSIS ini diharapkan bisa membekali siswa dan siswi berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik dalam berdemokrasi. Pemilihan ketua OSIS dilaksanakan dengan sportif dan bertanggung jawab serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan ketua OSIS.